Posted by: senimanpeta | June 8, 2008

Peta : Sarana bertukar informasi spasial

Wah masih capek bahagia, setelah retreat di Gili Trawangan bersama seluruh warga kantor. Ok,  Back to peta. Maap bukan berarti saya kemlinthi, sok jago dalam bidang ini loh. Apa yang ingin saya sampaikan ini masih ada kaitannya dengan liburan ke Gili itu. Waktu pulang, kami semua diberikan brosur tentang villa yang kami huni. Yang menarik bagi saya sebagai senimanpeta untuk mengulasnya adalah halaman terakhir brosur itu. Dibagian itu terdapat peta mungil yang menunjukkan lokasi tempat kami tinggal saat liburan kemarin. Ini senada dengan tulisan saya sebelumnya… Karena ini juga merupakan salah satu fungsi peta sebagai media komunikasi visual. Sedikit berbeda dengan contoh yang kemarin, dihalaman terakhir brosur villa itu seolah bertutur kepada pembacanya mengenai lokasi villa tanpa membuat pembaca kebingungan memahaminya. Kalau contoh ditulisan saya kemarin peta sebagai jembatan komunikasi antara sampeyan dan Pak Kromo. Yang ini antara pihak villa dan para pembaca brosur termasuk sampeyan jika membaca brosur itu

Ditingkat yang sedikit lebih tinggi, peta dapat berfungsi sebagai sarana bertukar informasi spasial. Seperti yang beberapa hari lalu juga saya alami saat mengunjungi negeri tetangga dan berjumpa darat dengan sesama senimanpeta disana. Kalo sesama senimanpeta ketemu, yang terjadi adalah ngobrol tentang peta dan bertukar informasi. Nah dikalangan kami senimanpeta, pertukaran informasi ini agak sedikit lain. Lagi-lagi bukan karena kami golongan orang-orang kemlinthi, tetapi dunia kami sudah ada jalur semacam ini. Karena kemarin saya masih blank dengan keadaan umum negeri tetangga itu, sobat senimanpeta dari negeri itu memberikan saya sebuah shapefile (format peta digital) yang berukurang kurang dari 1mb tanpa banyak syarat dan tanpa banyak bicara. Setibanya di kamar hotel, ketika saya baca shapefile itu, busyet.. informasi habitats, administrasi dll sudah ada. File sekecil itu udah meliput informasi spasial negerinya, tanpa membuat sobat senimanpeta itu meniren menjelaskan, saya pun sudah mengerti kondisi umum negerinya…. Efisien.., bayangkan saja kalo saya diberikan buku statistik mengenai negerinya atau negerinya dalam angka, bisa semalaman nggak tidur membacanya dan belum tentu mengerti.., itulah seninya senimanpeta kalau saling tukar informasi. Saya pun berjanji memberikan info kepada sobat senimanpeta itu dengan info yang mereka belum tahu. ASAP..!


Leave a comment

Categories