Posted by: senimanpeta | November 1, 2009

Peta Mental

dari bajo1

senimanpeta di kabin penumpang

Perjalanan ke Bali dari Nusa Tenggara Timur beberapa hari lalu benar-benar mengingatkan kembali sesuatu yang telah dalam lipatan-lipatan ingatan. Meskipun awalnya ketika naik ke PropJet Fokker 50 itu masih ada rasa jengkel karena keberangkatan yang tidak tepat waktu. Lagi-lagi dibalik peristiwa selalu ada makna, ada pelajaran. Dan yang kali ini berkaitan dengan masa lalu, yaitu mata kuliah wajib buat senimanpeta-senimanpeta, Kartografi Dasar…!

 

Sesaat setelah lepas landas, rasa jengkel karena keberangkatan terlambat itu masih ada. Hingga sekitar menit ke 40 an.., entah kenapa ada keinginan menoleh ke arah jendela yang kebetulan pas disamping saya duduk. Dan saya yang menanggalkan kacamata minus, menggantinya dengan sunglass melihat pemandangan landscape pulau-pulau dikejauhan, tepatnya disisi kanan jalur pesawat. Terburu-buru saya mengambil buku catatan kecil yang biasa dibawa bertualang dan ballpoint dari backpack yang tadi diletak di bawah kursi penumpang yang ada didepan saya.  Selanjutnya  mulai menggambar sketsa apa yang saya lihat. Perlahan saya sadar, rasanya saya sudah kenal daerah yang sedang terpampang dikejauhan dan sedang coba saya sket. Seperti layaknya memandangi peta daerah itu yang terbentang di atas meja atau dilayar laptop yang biasa saya andalkan itu (si black beauty T61). Nama-nama pulau dikejauhan itu saya kenal, dan pesawat berada di atas daerah mana, pulau apa, akhirnya otomatis terdefinisi. Serasa memandangi peta yang biasa saya lihat setiap hari, bagian dari Lesser Sunda (Sunda Kecil). Akhirnya saya lihat secara langsung keberadaannya.

 

Ingatan saya itu menuntun saya memahami apa yang sedang terpampang didepan mata. Rasanya saya sudah tahu seluk beluk wilayah yang sedang dilintasi pesawat serta pulau-pulau yang terbentang dikejauhan itu. Akhirnya saya teringat pada kata yang pernah terlontar dari Guru Kartografi Dasar itu, “Peta Mental (Mental Map)”. Kalau saya tidak salah, dalam pelajaran 10 tahun lalu itu, peta mental itu berkaitan dengan cara seseorang memperoleh, menyimpan, mengorganisir dan mengingat kembali informasi tentang lokasi, jarak dan susunan keruangan. Peta mental ini sifatnya unik, karena pada disetiap individu gambaran itu bisa berlainan, kesan yang ditangkap, liputan yang berhasil direkam akan berbeda. Semua tergantung pada individu itu. Misalnya peta mental seseorang tentang pada suatu tempat bagi yang belum pernah datang tentu akan berbeda dengan peta mental orang yang dari lahir, besar dan tinggal ditempat itu. Jadi gambaran dan kesan pada lokasi itupun akan berbeda. Aktifitas pemetaan mental ini  sebenarnya tanpa disadari berlangsung terus. Sehingga anda mengenali suatu lokasi. Seberapa detil, seberapa luas liputannya tergantung anda saja.

 

Well, akhirnya selama perjalanan itu saya asyik menikmati pemandangan yang tampak dari jendela. Hingga terdengar suara dari Kapten Pilot, “flight attendance, landing position please”.  Sebentar lagi pesawat baling-baling ini mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Responses

  1. keliatan gitu pulau2nya dari atas? biasanya cuma keliatan awan doang

  2. enaknya kalo bisa gambar kita gak butuh kamera lagi hehe. lanjutkan postingan berikutnya sob.

  3. wuah sepuluh tahun lalu? hehehe….
    lek ndang, mas dab! *ditendang*

    • main kendang..? apa to?

  4. tlng in aku lah d atas ada pengertian nya ga .?
    tugas ku numpuk……………

  5. iyh sama .. hhe …
    bantuin dong …
    blm mnggu nnti ulngn lgi .. waduuh .. hrs siap * . tlngn ya ..please !!!!!


Leave a Reply

Categories

