Posted by: senimanpeta | November 3, 2009

Dari Studio Peta ke Gallery Peta

DSCN0976

Pengen.., itu yang terucap pada saat itu. Kira-kira sudah 5 tahun lalu, selepas lulus perguruan tinggi itu. Apakah itu..?. Sebuah studio untuk berkarya peta. Pengen sekali memberikannya nama, Studio Peta 8. Mengapa dengan embel-embel  angka 8 ?. Angka 8 ini sekedar simbolis dari kacamata saja. Tidak ada hal-hal lain dibalik itu. Dan benar memang saya berkacamata minus. Artinya itu studio peta punyanya orang berkacamata.. 🙂

Kalau terhitung saat ini, itu semua tergolong sebuah keinginan lama. Namun walaupun waktu telah cukup jauh dari masa itu, keinginan itu tidak mati dan hilang. Tetap saja ada meski tersimpan dibalik lembar-lembar kehidupan saya. Dan pada akhirnya tanpa disengaja muncul kembali. Dipicu oleh 2 hal yang tampaknya sederhana bagi anda. Pertama adalah karena buku the Malay Archipelago karya Alfred Russel Wallace yang didalamnya memuat ceritera perjalanannya lengkap dengan ilustrasi dan peta-peta antiq. Yang kedua adalah tulisan ini.

Dari pengen punya studio ke pengen punya gallery peta. Studio itu saja belum dimiliki, masih jauh rasanya, apalagi sebuah gellery peta itu. Apakah ini sebuah khayalan belaka?. Bagi saya pribadi ini penyemangat berkarya. Tak terasa bila dihitung dari waktu lulus perguruan tinggi itu, sudah 5, 5 tahun dan kurun waktu itu pula saya menekuni dunia profesional yang berkaitan dengan peta ini. Meskipun semasa belum lulus, bekerja serabutan dalam bidang ini juga telah berjalan.

Kalu dilihat dari ukuran waktu, masih belum lama, dan apa yang saya hasilkan belumlah pantas, masih jauh dari para senimanpeta masyur  semisal Erwin Raisz.  Namun  ini bagian dari footprint saya sebagai pribadi.  Kalau saya memegang handheld GPS, kemudian track log itu diaktifkan, maka GPS akan merekam kemana saya melangkah.  Seperti jejak-jejak yang ditinggalkan penjelajah samudera, misalnya Magellan yang jejaknya bisa anda temui dipeta.

Leave a Reply

Categories

