Posted by: senimanpeta | October 19, 2009

Scale Bar

sketch 101

sketch 101

Scale Bar is a map element that shows the map scale graphically.
(http://en.mimi.hu/gis/scale_bar.html)

Scale bar atau ada yang menyebut skala batang atau ada pula yang mengatakan skala grafis, sungguh tampak sederhana. Tetapi kegunaan skala batang ini menurut saya esensial. Saya termasuk paling suka menggunakannya didalam layout peta dibandingkan skala numerik atau skala angka. Daripada menuliskan skala numerik 1: 50.000 misalnya, saya akan lebih suka menempatkan skala batang sebagai gantinya.

Mengapa?, skala batang ini memiliki fleksibilitas tinggi. Fleksibel mengikuti ukuran print outnya/ hasil cetak. Misalnya saya punya Layout peta di ukuran A0, kemudian saya cetak di kertas A4, secara otomatis proporsi skala bar ini mengikuti. Meskipun di layout aselinya tampak lebih panjang dan di hasil cetak lebih pendek, namun bila diperbandingkan proporsi keduanya akan sama. Jadi jarak yang diwakili kedua skala batang tadi tetap sama. Kalau skala numerik bisa jadi akan menipu.

Begini misalnya, bila saya punya peta hardcopy ukuran A1, tertulis dipeta itu  dengan skala numerik 1:25.000, kemudian skala batangnya ada dibawahnya. Selanjutnya saya foto copy dengan pengecilan agar bisa tampil di kertas A3. Pada peta hasil foto copy di atas kertas A3, akan muncul juga skala numerik itu, sama tertulis 1:25.000 berikut skala batang yang ada dibawahnya. Namun, seaindainya dilakukan pengukuran jarak menggunakan peta  ukuran A3 itu dengan pedoman skala numeriknya, tentu akan salah. Sebab skala numerik itu sudah tidak benar karena telah terjadi perubahan ukuran/dimensi peta dari ukuran A1 ke A3.

Setelah perunahan ukuran tadi, skala batanglah yang semestinya menjadi acuan karena meskipun nampak lebih kecil dari aselinya tetapi proporsinya tidak berubah. Angka yang ditunjukkan oleh skala batang tetap dapat mewakili jarak sesuai dengan hasil cetak itu. Mau cetakan diperbesar maupun diperkecil proporsi skala batang dalam menunjukkan suatu jarak tidak akan berubah.

Karena kejadian seperti diatas bisa terjadi, kartografer, senimanpeta yang membuat peta-peta resmi,  pada umumnya mencantumkan skala batang untuk mendampingi skala numerik. Atau paling tidak menampilkan informasi skala dengan skala batang saja.

Advertisements

Responses

  1. saya pun hanya menggunakan skala batang saja sekarang 🙂 kecuali untuk peta ‘resmi’ di mana pengguna menuntut kemudahan mengetahui skala peta dengan mudah.
    namun jarak itu, mas, terkadang dekat terkadang jauh. ini pasti karena kadang saya kangen kadang benci.
    halah, raono hubungane, yo buwennn!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: