Posted by: senimanpeta | June 4, 2009

Apresiasi

Lagi dan lagi. Mencari data memang bisa dikatakan gampang susah-susah, bukan gampang-gampang susah. Seringkali menemukan kendala baik itu terkait dengan birokrasi, administrasi, biaya, sekuritas dan bla bla bla. Butuh usaha yang sungguh-sungguh. Tak setiap orang, organisasi mau sharing kalau anda tidak memenuhi syarat mereka. Syarat ini pun beragam tafsirannya.

Mereka takut datanya diklaim sembarangan, disalah gunakan atau disalah artikan. Kejadian klaim sembarangan memang beberapa kali saya temui, termasuk peta hasil layout saya. Ada yang klaim dan memakai tanpa permisi ke management. Dahulu saya sama sekali tidak mencantumkan nama saya dipeta dan tidak peduli. Namun belakangan banyak kejadian main klaim se-enak sendiri. Atas saran dari tim komunikasi, perlu menyantumkannya disamping sumber data. Main klaim begitu tidak mengenakkan yang punya data dan yang mengerjakan layout to..Apalagi bila sampai merugikan institusi atau organisasi…

Karena  pengalaman-pengalaman yang seperti itu, ini menguatkan tekad saya untuk bisa menempatkan diri. Memang data penyusun peta  ini tidak datang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, semenjak saat kejadian perkara, dipeta-peta yang keluar dari sentuhan akhir saya,  saya cantumkan nama atau sekedar alamat email.  Kalau ada masalah dan peta itu ingin diklarifikasi ada alamat yang bisa dihubungi. Nama atau alamat email tadi saya awali dengan kata dengan kaidah bila data yang dipakai dari pihak lain saya tidak berani bilang map by, sekedar design and layout by atau layout by saja. Dalam ranah pemikiran saya ini fair. Map by, berarti peta oleh, berbeda dengan layout by yang berarti tata letak oleh.Buat saya ini perbedaan yang signifikan. Kalau sekedar melayout kan tidak fair rasanya kalau menuliskan map by, memang kita terlibat pada analisis?, ikut proses sebelumnya?. Kalau cuma membuat komposisi peta dari data yang ada saya malu menuliskan map by, saya cuma berani menulis layout by. Bahkan dibeberapa peta draft, walaupun saya andil dalam data dan analisis, sementara ini masih tertulis layout by, baru nanti di final berani menulis map by.

Ini semua karena akhir-akhir ini saya sering merasa tidak enak sendiri kalau menemui peta dengan tulisan map by atau map & design by, padahal yang mengklaim membuat peta itu cuma sekedar mengerjakan layout indah dari data shapefile/geodatabase yang diproduksi orang lain.

Saya ingin sekali memberikan apresiasi kepada orang lain yang kadang lupa disebutkan. Kalau untuk kepentingan publikasi luas di buku, media, saya akan minta pihak pengarang menuliskan seluruh sumber-sumber data yang dipakai dalam peta itu di acknowledgement. Kan tidak mungkin menuliskannya didalam peta itu semuanya dengan font kecil-kecil. Bisa makin ribet peta itu dengan tulisan-tulisan thanks to dan dokumen acknowledgement, citation or whatever hehehe. Menghargai semua pihak intinya. Kita lihat saja hasilnya nanti.

Leave a Reply

Categories

