Posted by: senimanpeta | September 27, 2008

Sebuah perjalanan panjang…

Apa yang saya tulis ini masih ada kaitannya dengan posting sebelumnya. Bayangkan, dari hal-hal sederhana, titik, garis dan bidang/area itu perlahan-lahan terkumpul. Awalnya anda cuma memetakan warung koboi yang berada di tepi lapangan bola. Kemudian karena hasrat eksplorasi warung koboi begitu menggebu, anda mencoba mampir dan menikmati hidangan di warung koboi lain. Akhirnya karena tiap kali mampir ke warung koboi anda bawa peralatan andalan itu, maka secara berurutan anda memetakan warung-warung koboi lainya. Jadi seiring berjalannya waktu, akan punya data lokasi warung koboi, sak Jogja mungkin..!. Disaat itu belum kepikiran mengkaitkan dengan informasi-informasi lain. Waton marking lokasinya saja.

Kemudian seiring berjalannya waktu, tambah pinter, tambah pengalaman, tambah luas gaul, akrab, sampai akhirnya tahu nama-nama pemilik warung, mereka asalnya dari mana saja dan sajian spesial di setiap warung tersebut. Lebih njlimet lagi sampai jam buka dan tutupnya warung anda tahu. Misalnya warung koboi A, milik Pak B, kalo hari C jam D, belum buka, karena Pak B masih ikut pengajian. Semua informasi, data yang perlahan terkumpul itu kemudian anda urut-urutkan, kait-mengkait. Ternyata secara tidak sadar, anda sedang membangun basisdata warung koboi sak Jogja berawal dari iseng.

Dasar memang orang yang suka wisata kuliner, basisdata itu anda upload di blog kuliner anda lengkap dengan peta, gambar dan pernak-pernik lainnya. Whelah.., kok jadi sistem informasi warung koboi sak Jogja. Banyak orang yang mengunjungi, merasa terbantu.Whelah, tiba-tiba ada yang mau beli, dan anda diminta mengembangkannya lagi.., bayangkan…

Saya mungkin sedang ngobral kata-kata dengan cerita diatas, tetapi sebenarnya saya ingin menyampaikan kenyataan bahwa membangun basisdata itu adalah sebuah perjalanan yang harus dimulai. Bagaimana anda bisa ngomong angkringan ngalor-ngidul, ngetan-ngulon tanpa ada datanya. Akhirnya data dan informasi jadi kebutuhan dan sebuah keharusan. Apalagi buat anda-anda yang bergerak dibidang science atau apalah..yang butuh data dan fakta. Anda mau nulis paper, laporan..?. Tanpa data, informasi apa mau mengarang ?. Wah nanti titlenya jadi pengarang dong…Wis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: