Posted by: senimanpeta | September 26, 2008

Berawal dari yang sederhana..

Bila ada satu pendapat kalau kita ndak boleh melupakan ataupun mengabaikan yang kecil-kecil. Bagi saya ini masuk akal. Kenapa? Didalam perspektif pemetaan yang saya kenal ternyata itu berlaku pula. Seseorang membangun sebuah peta juga berawal dari unsur kecil yang digambarkan dalam titik. Misalnya, anda kluyuran  dan kebetulan iseng bawa handheld GPS. Ndilalah ketemu warung koboi (angkringan) yang menyediakan wedang teh jahe, wedang secang, wedang alang-alang ataupun wedang uwuh plus menyediakan pisang goreng hangat dan ketela rebus. Anda memutuskan untuk mampir dan duduk-duduk disitu. Sebagai orang yang melek spasial, di GPS anda tandai lokasi itu. Dipeta nantinya lokasi warung koboi itu bisa dimunculkan sebagai titik.

Lebih detil lagi, ternyata lokasi warung koboi itu berada diberseberarangan dengan sepenggal jalan. Jalan itu anda tandai kembali dari GPS anda sebagai 2 titik. 2 titik yang dihubungkan nantinya akan menjadi garis. Sepenggal jalan itu tadi didalam peta akan dimunculkan sebagai garis, berada diseberang titik yang menggambarkan warung koboi tadi.

Lebih detil lagi, anda memperhatikan lingkungan dimana warung koboi itu berada, dan ternyata lokasi warung koboi di tepi lapangan sepak bola. Kemudian anda memutuskan berjalan kaki sebentar menandai 4 titik penjuru lapangan sepak bola tadi. Nantinya titik 1 dan 2 dihubungkan menjadi garis, titik 3 dan 4 dihubungkan menjadi garis, titik 1 dan 4 dihubungkan menjadi garis, terakhir titik 2 dan 3 dihubungkan menjadi garis. Akhirnya garis-garis tadi membentuk bidang yang menggambarkan lapangan sepak bola. Nah, jadilah peta sederhana menggambarkan lokasi warung koboi, diseberang jalan dan berada ditepi lapangan sepak bola.

Bagi saya ini indah sekali, berawal dari yang sederhana, bisa dihasilkan sesuatu yang lebih kompleks dan bermakna. Tentu saja perpaduan unsur-unsur titik, garis dan bidang ini akan useful dibandingakan bila masing-masing berdiri sendiri. Ini seperti menyusun sebuah puzzle atau mosaik. Wis

Advertisements

Responses

  1. titik berpadu menjadi garis
    sekumpulan garis menjadi ruang
    tetapi awalnya tetap saja titik
    apakah Titik, itu? :mrgreen:

  2. dibahas di angkringan aj ya?

  3. om ini : gila peta!
    hehe.. ;p

  4. melek gps, tp hrs pinjam jk mo pake 😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: