Posted by: senimanpeta | September 15, 2008

Milan 0-Genoa 2

Tidak ada aksi brilian dari bintang kelas dunia dari Brazil yaitu Kaka, Ronaldinho dan Pato dipertandingan kemarin (sore waktu Italy/14/09/08-20:45 Wita). Yang ada hanya 3 bintang Brazil lari-lari menggiring bola, menendang bola tanpa gol belaka.

Tidak ada yang meragukan AC Milan adalah salah satu klub sepak bola elit dunia. Kaya, sarat gelar dan  pemain bintang banyak bercokol disana. Namun dipertandingan itu nol… Ada apakah gerangan..???

Tidak perlu mengulas terlampau berat. Sepak bola adalah permainan kolektif. Maka kolektifitas, kerjasama antar pemain, antar lini adalah kunci. Pemain bintang pun tidak akan bisa apa-apa kalau ditempel 3-4 orang pemain. Dipertandingan itu, pelatih Genoa secara jitu menerapkan strategi permainan kolektif, jarak antar pemain tidak terlalu jauh, sehingga terkesan solid, rapat. Hasilnya, tak ada ruang bagi Ronaldinho mengolah bola, memberi umpan matang dan melakukan aksi ajaibnya. Yang dialami Ronaldinho juga dialami kompatriotnya, Kaka dan Pato. Tak ada ruang gerak memadai..!. Mengandalkan seorang bintang tak cukup. Bekerja sendirian untuk sesuatu yang besar ya berat dong..

Nah, dalam dunia kerja hal tersebut bisa diterapkan. Kerjasama tim..!. Seberapa mumpuni seseorang, dibandingkan dengan sebuah tim kerja yang solid?. Ya hasilnya beda. Seseorang dibanjiri dengan tugas A, belum selesai dikasih tugas B, belum lagi selesai dikasih tugas C. Yang terjadi adalah orang itu menjadi kontra produktif. Apa mau lembur terus tiap hari, tiap malam…?Seberapa kuat fisik..?. Ceritanya bisa lain jika itu sebuah tim dimana tugas-tugas bisa didelegasikan. Ada yang mengerjakan A, B dan C dan masing-masing bisa saling berkoordinasi. Tenggat waktu bisa diatasi karena masing-masing tugas ada bagian yang menjalankan. 3 pekerjaan dikerjakan dalam waktu yang hampir bersamaan Hasilnya bisa dapat cepat terlihat.

Kata orang bijak (entah namanya siapa) segala peristiwa itu dapat diambil hikmahnya. Jadi menurut saya itu benar, apa yang ada dalam permainan bola sekalipun. Ada yang bisa diambil hikmahnya. Meskipun pakai embel-embel klub favorit saya kalah telak. Hiks..

Advertisements

Responses

  1. Selamat idul fitri bagi yg merayakan idul fitri. Selamat berlibur bagi yg berlibur. Mohon maaf lahir dan batin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: