Posted by: senimanpeta | July 14, 2008

Balsem Gosok..

Hari ini ada topik menarik untuk dibicarakan. Teman saya tiba-tiba komplain melihat hasil orang lain di bidang yang telah lama kami tekuni . Mungkin merasa orang lain melakukan intervensi di area kami, spasial..!!. Begini, “Bro, data spasialnya kaya’ begini, mana akurat hitungan luasannya”, kata teman saya. Kata saya “lha memang kenapa dengan datanya..?”. “Ini apa.., itu apa, nah itu lagi”, kata teman saya sambil tunjuk sini-sana layar lcd monitornya dan sesekali melakukan zoom ini. “Slivers Bro..,polygonnya ndak bersih itu, memang kenapa..?”, kata saya. ” Ini data yang digunakan untuk menyusun anu-anu anu..”, kata rekan saya. “Hah..???”, saya terkejut. ” Iya, jadi hitungan luasan dari ini, itu dan itu lagi tidak akurat”, tegas rekan saya. Usut di usut teman saya lagi menelaah data spasial karya orang lain. Tau deh..kok datanya begitu.

Memang bidang spasial ini menarik banyak minat, baik dari kalangan awam, terpelajar dll. Bahkan teman-teman dari disiplin ilmu laen tertarik dengan spasial ini juga. Saya juga seneng :). Tetapi topik tadi mengingatkan saya pada istilah balsem gosok. Jaman sekolah dulu kita menertawakan ilmu yang kita pelajari disana sebagai balsem gosok, karena untuk bisa memetakan sesuatu obyek kita juga perlu tahu karakteristik obyek itu. Jadi paling tidak dapat kulitnya deh, ya tentang tanah, bebaatuan, vegetasi, air, atmosfer/udara de el el. Karena semua dipelajari dan kita dituntut paling ndak kulitnya, jika ditanya tanah sedikit2 tahu, air jg, bebatuan juga kalo dianalogikan seperti obat balsem gosok yang multiguna. 1 untuk semua, contoh digigit serangga..?, balsem juga, masuk angin-sakit kepala..?, balsem lagi, keseleo..? balsem juga. Hebat balsem gosoknya.., nggak juga..

Bukan bagaimana-bagaimana, tetapi “letupan” kecil teman tadi membuat saya terketuk untuk urun rembug sedikit mengenai bidang ini. Yang hebat bukan balsem gosoknya, tapi siapa yang menggosoknya kok, Analoginya begini, ada orang keseleo, nah diberi balsem gosok oleh seseorang untuk mengobatinya. Wis pake balsem ini pasti mak nyussss!. Sini tak gosokkan deh, semrinthil deh..

Nah kalo yang nggosok/mengurut/mijet itu tidak paham urat, malah tambah mlengse urat-uratnya. Wal hasil keseleonya ndak sembuh-sembuh malah tambah akut. Itu hanya sedikit gambaran, peta memang berisi informasi, bila dibuat dan digunakan oleh yang tidak mengerti bisa kacau. Wong ndak tahu orientasi, ndi lor-ndi kidul kok dikasih denah tanpa kompas untuk bisa menuju suatu lokasi ya tetep aja nyasar. Parahnya lagi denahnya yang membuat jg tidak paham membuat orientasi, spasial, cuma tahu kiri-kanan tok.., wis wis sami mawon… Kok ndilalah..ana-ana wae..

Responses

  1. makasih dah mampir 🙂

  2. eka : makanya jangan main gosok2 ajah…
    senimanpeta:maksoed loe..??

  3. ngomong2 soal gosok, ini terbukti sekali gosok heatsink compounds stars-350 diatas heatsink tecra 8200 kuno saya, membuat saya bisa nge-blog lagi.., tidak kepanasan lagi processornya..hehehe, cool gitu


Leave a Reply

Categories

